Minggu, 28 April 2013

20. Pengertian Administrasi, organisasi, manajemen menurut para ahli


ADMINISTRASI
berasal dari bahasa Latin:
Ad  = intensif dan ministrare = melayani,membantu, memenuhi. Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu,melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.•
Administrasi adalah proses yang pada umumnya terdapat pada semua usahakelompok ,pemerintahatauswasta,sipilataumiliter , besar atau kecil (White, 1958).
Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama gunamenyelesaikantugasbersama (Simon, 1958).
Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasanusaha kelompok individuguna mencapaitujuanbersama (Newman,1963).
•Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesiaada 2 (dua) :
•Administrasi berasal daribahasa Belanda, “  Administratie ” yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit , yaitu sebagai kegiatan tata usahakantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan inidalam bahasa Inggris disebut : Clerical works (FX.Soedjadi,1989).
•Administrasi dalam arti luas , berasal dari bahasa Inggris“
Administration ” ,yaitu proses kerjasama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitastertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan (S.P. Siagian,1973)
Berdasarkan hal tersebut diatas, administrasi ialah proses penyelenggaraankerjayangdilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melaluifungsi-fungsimanajemen,yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,dan pengawasan.2
Jadi administrasi adalah penyelenggaraannya, dan manajemen adalah orang-orang yangmenyelenggarakan kerja.
Maka kombinasi dari keduanya adalah penyelenggaraan kerjayang dilakukan oleh orang-orang secara bersama-sama (kerjasama) untuk mencapaitujuan yang yang telah ditetapkan.Dalam dunia kerja saat ini istilah administrasi dan manajemen tentu sudah banyak menjadi acuan dalam mencapai suatu tujuan khususnya dalam bidang perkantoran.administrasi berasal dari bahasa yunani yang berarti suatu proses kerja sama antara duaorang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumya.sedangkan manajemen adalah suatu proses mengantur,mengendalikan,dan melaksanakan proses kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. sebagaimana dalam prinsip manajemen adalah “pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasilyang semaksimal mungkin”.dalam sub bab ini akan dibahas secara singkat tentang pengertian administrasi dan manajemen, unsur-unsur administrasi danmanajemen,peranan adminstrasi dan manajemen,dan hubungan administrasi danmanajemen
PENGERTIAN ADMINISTRASI
administrasi pendidikan terdiri dari 2 kata yang masing-masing mempunyai pengetian tersendiri. kata administrasi menurut asal katanya berasal dari bahasa latin. ad +ministrae, ad berarti intensif sedangkan ministrae berarti melayani, membantu, danmemenuhi, jadi tugas utama seorang adminisatrator/manajer adalah memberikan layanan prima.administrare adalah kata kerja sedangkan kata bendanya adalah administration dan katasifatnya adalah administratiavus. dalam kegiatan sehari-hari untuk istilah administrasi dibagi menjadi 2 pengertian yaitu
•Administrasi dalam pengertian yang sempit adalah suatu pekerjaan tata usaha dalam kantor ..
•Administrasi dalam pengertian yang luas adalah seluruh proses kerja sama orangatau lebih dalam mencapai tujuan bersama.
Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasamasekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu..
Proses adalah rangkaian perbuatan manusia yang mengandung maksud tertentu yangmemang dikehendaki oleh yang melakukan perbuatan itu. Disini termasuk pula segenapaktivitas yang terjadi sebagai akibat perbuatan itu.
Perbuatan adalah suatu kegiatan manusia yang mengandung maksud tertentu berupatindakan dan pemikiran.
Prosedur adalah suatu rangkaian metode yang telah menjadi pola tetap dalam melakukansesuatu pekerjaan yang merupakan suatu kebulatan.Suatu rangkaian prosedur yang telah merupakan suatu kebetulan untuk melaksanakanfungsi disebut..
sistemMetodeadalah cara yang telah menjadi pasti ketepatannya dan merupakan pola dalammekukan suatu pekerjaan. Apabila metode merupakan kamahiran dari seseorang yangsudah tergolong ahli, ini disebut
teknik •
so sekarang waktunya pengertian administrasi menurut para ahli:
# ULBERT
Administrasi secara sempit didefinisikan sebagain penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan maksud menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh. Pengertian administrasi secara sempit ini lebih dikenal dengan istilah Tata Usaha
# WH EVANS
Administrasi adalah fungsi yang menyangkut manajemen  dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan ingatan organisasi
# ARTHUR GRAGER
Administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi
# WILLIAM LEFFINGWELL dan EDWIN ROBINSON
Administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan
# GEORGE TERRY
Administrasi adalah perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Organisasi
Secara sederhana, organisasi bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama
dengan pola tertentu  yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun non fisik. Sehingga bisa dimungkinkan terjadinya suatu konflik dalam sebuah organisasi yang dikarenakan oleh adanya ketidakselarasan tujuan, perbedaan interpretasi fakta, ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perilaku dan sebagainya.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi organisasi menurut beberapa ahli :
 # ROSENZWEIG
Organisasi dapat dipandang sebagai :
• Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok
• Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
• Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama
#MATTHIAS  AROEF
Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya
# PFIFFNER dan SHERWOOD
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis
 # BAKKE
Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan
# ALLEN
Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan – hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
Sebuah organisasi tidak akan bisa lepas dengan yang namanya struktur organisasi. Karena struktur organisasi adalah cara suatu aktivitas organisasi dibagi, di organisir, dan dikoordinasikan.
Menurut ERNEST DALE, sebuah struktur organisasi harus memuat tentang 5 hal  sebagai berikut:
• Daftar pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi
• Membagi jumlah beban kerja dalam tugas-tugas atau biasa disebut pembagian kerja (devision of work)
• Menggabungkan tugas-tugas dalam keadaan yang logis dan efisien atau departementalisasi (departmentalization)
• Menetapkan mekanisme untuk koordinasi
• Memonitor efektivitas struktur organisasi dan melakukan penyesuaian apabila diperlukan
Manajemen
Manajemen adalah sistem yang berfungsi untuk mengelola sesuatu. Namun secara definisinya para ahli memiliki pengertian sendiri, yaitu:
1.      Menurut Dr. SP. Siagian dalam buku “Filsafat Administrasi” Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui oranglain.
2.      Menurut Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman dalam buku “Kerangka Pokok-Pokok Management” diartikan sebagai
·        kegiatan-kegiatan/aktivitas-aktivitas,
·        proses, yakni kegiatan dalam rentetan urutan-urutan,
·        insitut/orang-orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan.
3.      Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. HE. Rosyidi dalam buku “Organisasi dan Management “ mendefinisikan proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukkan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.
4.      Menurut Marry Parker Follet, manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain.
5.      Menurut James A.F. Stonner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.
6.      Menurut Drs. Oey Liang Lee manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
7.      Menurut  R. Terry Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
8.      Menurut Lawrence A. Appley, Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
9.      Menurut Horold Koontz dan Cyril O’donnel manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar